Friday, April 5, 2013

Tips Membuat Donat

Hai para pembaca,,kali ini dita akan berbagi sedikit tips bagaimana cara membuat donat yang baik dan tentunya akan menghasilkan donat yang bertekstur empuk dan berwarna agak kecoklatan.
berikut tipsnya,semoga bermanfaat






  • Pemakaian gula dalam adonan donat jangan sebanyak adonan roti manis karena jika adonan terlalu manis pada saat digoreng maka apinya harus dikecilkan sehingga waktu  menggoreng lebih lama dan hasilnya pun lebih berminyak.
  • Jangan terlalu banyak uap di dalam lemari fermentasi (proofing box)karena akan timbul gelembung-gelembung pada donat saat digoreng
  • Minyak yang dipergunakan untuk menggoreng donat sebaiknya minyak goreng padat agar permukaan donat yang telah selesai digoreng menjadi kering.
  • Saat akan menggoreng donat minyak sudah dalam keadaan panas
  • Jika adonan donta belum membentuk lingkaran di sekeliling permukaan donat,berarti donat belum saatnya di goreng.jadi,adonan harus didiamkan kembali,sebab donat yang mengembang dengan baik akan memiliki lingkaran tersebut.
  • Donat jangan sering di bolak balik ketika di goreng agar garis lingkaran putih di permukaan donat tidak hilang
  • Adonan jangan terlalu lama didiamkan (over proof) karena saat adonan diangkat,akan turun dan meninggalkan bekas di tangan kita. selain itu,donat pun akan lebih berminyak(menyerap minyak) stelah digoreng.

3 comments:

fitrianto said...

Terimakasih ya, blog nya sangat membantu.. tapi minyak padat yang bagus merk apa ya ?

Ditha Cooking Class said...

sama sama
Setau saya Frimasta, citafry, goodfry...
bisa beli di TBK :D

fitrianto said...

Ada kh kemasan yg 1 kg ? Ow ya kenapaadonan donut jco harus di pisah jadi 2 ?

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...