Tuesday, September 18, 2012

GULAI DAGING PILIHAN

Kali ini kita akan membicarakan hidangan terpopuler di negara kita indonesia yaitu, GULAI.. siapa sih yang tdk mengenal gulai?? :)
Gulai adalah masakan berkuah santan (umumnya) yang dibuat dengan banyak bumbu dan rempah.dan dimatangkan dalam waktu yang lama











-APA SAJA YANG DIBUAT GULAI??
Daging sapi,ayam,jeroan,dll dpat dibuat menjadi gulai,

-SANTAN YANG DIGUNAKAN
Santan yang dibuat dari kelapa yang diparut tentu lebih gurih,tetapi tidk ada salahnya juga kalau anda menggunakan santan caie siap pakai atau santan bubuk yang tinggal dicairkan
Untuk memperoleh santan yang gurih dan kental,gunakan kelapa yang tua.Memarutnya boleh dengan kulit,boleh tanpa kulit ,yang menggunakan kulit akan menghasilkan santan yang agak coklat warnanya.
Santan kental diperoleh dari kelapa parut yang ditambahkan sedikit air,sementara yang encer didapatkan dari kelapa parut yang dicampur dengan air yang cukup banyak,Paling baik klau campuran airnya dari air panas,aduk dengan sendok kayu sambil di tekan tekan.Untuk menghasilkan santan kental,satu kelapa bisa ditambahkan air sekitar 100-300 ml,selebihnya akan didapat santan yang sedang atau cair.
Setelah mendapatkan santan yang kental,kelapa dapat ditambahkan air lagi untuk mendapatkan santan yang sedang atau cair.


-BUMBU
Bumbu pada gulai sangat banyak jenisnya sehingga sering disebut orang sebagai bumbu lengkap.Antara lain: Bawang merah,bawang putih,jahe,kemiri,kunyit,dan lengkuas
-AROMATIK
Sebagai bahan penambah aroma ditambahkan juga salam,daun jeruk,daun mangkokan,biji pala,cengkeh,dan kadang juga kapulaga.

-RASA ASAM
Ada beberapa gulai yang dipersedap dengan penambahan asam,entah itu asam jawa,asam gelugur,tomat atau asam kandis.

-TAMBAHAN
Selain daging - dagingan atau telur,kedalam gulai kadang ditambahkan kentang atau petai,atau keduanya




-MEMASAK GULAI
Gulai dimasak dalam waktu yang lama agar daging punya kesempatan menyerap bumbu,selama itu masakan harus diaduk sekali-sekali agar santan tidak pecah,Ada baiknya juga jika anda menggunakan santan encer lebih dahulu,setelah itu baru santan kental.

semoga bermanfaat trim's :D

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...